Gelar Deklarasi dan Diskusi Publik, IRPD Paparkan Peta Pileg 2024 Mendatang

Centralnasional.com, Sidoarjo_Institute of Research and Public Development (IRPD) gelar deklarasi dengan bentuk Diskuci Publik. Forum yang berlangsung selama 3 jam tersebut dihadiri banyak tokoh politik di Sidoarjo. Diantara Ketua Perindo Sidoarjo-Edy Setyoboedi, lalu Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo-Samsul Hadi, Komisioner Bawaslu-Mohammad Arief, perwakilan dari KPU, para caleg dari berbagai partai dan aktivis organisasi pemuda dan kemasyarakatan.

Nanang, pembicara utama dalam Diskusi Publik bertajuk “Pemetaan Potensi Suara Pemilu’ yang digelar dalam rangka syukuran berdirinya IRPD di kantor sekretariatnya, Minggu (29/10/2023) sore tadi juga mengatakan, konstelasi Pilpres tahun depan tidak mempunyai dampak yang signifikan terhadap perolehan suara parpol.

“Kalau sampai ada petahana yang gagal mempertahankan kursinya, berarti mereka-mereka itu punya masalah dengan konstituennya. Dan potensi itu tetap ada, sehingga posisi mereka akan tergantikan oleh politisi baru yang lebih siap,” Ujar Nanang, Pimpinan IRPD Jawa Timur.

Mantan Komisioner KPU Sidoarjo tersebut menyampaikan bahwa PKB diperkirakan masih akan menghegemoni parlemen Sidoarjo pada pemilu Caleg 2024 mendatang. sedangkan PDIP diprediksi mampu menambah jumlah kursinya, namun masih berada di posisi runner up.

“Kondisinya berbeda dengan Pilpres periode lalu yang hanya menampilkan dua paslon. Dan hasil analisa kami setelah melakukan observasi lapangan menunjukkan para caleg yang berkontestasi menawarkan paket yang berbeda antara pilpres dan pileg pada publik. Sederhananya, mereka mempersilahkan konstituennya untuk memilih capres yang mereka sukai, namun tetap mencoblos dia sebagai caleg,” imbuhnya.

Analisa berbeda justru disampaikan oleh Ahmad Khoiri, mantan Komisioner KPU Sidoarjo periode 2000-2010. Ia justru memprediksi suara PKB di Pemilu tahun depan bakal anjlok karena adanya konflik internal di dalam tubuh parpol tersebut. Dan kondisi itu membuka peluang bagi parpol lain untuk saling memperebutkan suara liar tersebut.

Namun ia sepakat akan adanya potensi penambahan suara yang bakal dituai PDI Perjuangan. “Bukan itu saja, ada kemungkinan bakal muncul parpol-parpol baru yang bakal menuai kursi DPRD Sidoarjo jika bisa memanfaatkan kondisi ini,” ujar mantan Wakil Ketua DPC PKB itu lagi.

Reporter : Saleh

Editor : MS

Check Also

DUGAAN KORUPSI BERJAMAAH, BANK JATIM GILA UANG RAKYAT

Centralnasional.com, Jatim_Berbagai permasalahan yang ditemukan dalam hasil uji petik BPK Perwakilan Jawa Timur atas pengelolaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *