Terus Gelorakan Empat Pilar Kebangsaan, Rahmat Muhajirin MPR RI Laksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Daerah Pemilihannya

Central Nasional, Sidoarjo – Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jawa Timur I , Rahmat Muhajirin melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat se-Kabupaten Sidoarjo Sabtu (15/6).

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi empat Pilar Negara tersebut untuk meningkatkan semangat 4 Pilar Kebangsaan  masyarakat agar dapat menjadi semangat kebersatuan pasca momentum pemilu. Pentingnya mengaplikasikan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.   Sehingga diharapkan akan berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Agar selalu kompak menjunjung nasionalisme, menghadapi tatanan pasca momentum pemilu.

“Empat pilar MPR RI itu terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kemudian Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Lalu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” kata Rahmat Muhajirin.

Menurut Rahmat Muhajirin, Indonesia sebagai bangsa yang majemuk perlu penguatan dalam penghayatan dan pengamalan yang terkandung dalam Pancasila, sebagai contoh dapat memilah dan memilih seperti  munculnya pemahaman terhadap hal-hal yang keliru dan sempit. Akibat dari perkembangan media sosial yang berkembang pesat, pemberitaan/isu pun harus dapat dicermati agar tidak menjadi hoax.

“Media itu seperti pisau bermata dua, bisa menjadi positif dan bisa menjadi negatif,” tutur pria kekar yang juga duduk di Komisi II DPR RI ini.

Oleh sebab itu, Rahmat Muhajirin berpesan kepada masyarakat agar memperkuat ketahanan keluarga dengan kebersamaan dan kesolidan serta kerukunan. Sebab Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman bangsa, dengan banyak suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu yakni bangsa Indonesia.

“Jadi kita harus berbangga menjadi warga Negara Indonesia, yang memiliki Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Serta aplikasi 4 Pilar Kebangsaan sangat diharapkan untuk memperkuat kebersatuan pasca pemilu.” tutupnya.

 

Reporter : Suryatik

Editor : Moh. Saleh

Check Also

PANDANGAN HUKUM TERHADAP PENGANGKATAN 6 (ENAM) PELAKSANA TUGAS PADA KEKOSONGAN JABATAN DI KABUPATEN SIDOARJO OLEH PLT. BUPATI SIDOARJO

Oleh : Dr. (Cand) U. Prayitno, SH., S.Kom., M.AP., M.Kn. (Direktur Nusantara Crisis Center) Tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *