Anggota MPR RI, Mulan Jameela; 4 Pilar Kebangsaan Perlu Terus Ditanamkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Centralnasional.com, Garut_Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, tradisi, seni, budaya, dan bahasa daerah yang berbeda-beda, namun dengan pandangan yang melekat pada Pancasila yang telah disepakati sebagai nilai bersama, maka perbedaan tersebut menjadi sebuah aset bangsa. Bersama Pancasila inilah kemudian perbedaan tersebut disatukan dan dijadikan sebagai nilai dasar dan falsafah hidup bersama yang tertuang di dalam lima silanya.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Mulan Jameela, menekankan pentingnya untuk mengimplementasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari pada acara sosialisasi Empat Pilar kebangsaan di Desa Cikarag, Malangbon, Kab.Garut (Minggu, 30/7/2023)
Tampak hadir dalam acara tersebut, di antaranya perwakilan Kepala Desa Cikarag, Kec.Malangbong, Kabupaten Garut, Tokoh Masyarakat setempat dan masyarakat Desa Cikarag
“Empat pilar kebangsaan yang telah menjadi konsensus bersama sebagai warga negara Indonesia harus benar-benar dibumikan untuk mencapai cita-cita dalam bernegara,” tegas Mulan Jameela.
Anggota MPR RI yang juga Anggota Komisi VI DPR RI tersebut dalam paparannya menegaskan bahwa negara tidak boleh kalah dengan oknum-oknum yang ingin memecah belah dan merobek robek keutuhan dan persatuan bangsa.
“Siapapun di negara ini, janganlah bertindak provokatif yang bisa menimbulkan disintegrasi bangsa. Kita bisa belajar apa yang telah terjadi di berbagai negara di dunia. Terlebih di negara-negara kawasan Timur Tengah yang sampai saat ini masih terus berlangsung konflik berkepanjangan”. Tegasnya
Di hadapan hadirin yang menghadiri acara, DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil Jawa Barat XI tersebut juga memberi gambaran fenomena sosial yang terjadi yang mengubah pandangan dunia akan mental bangsa.
“Potret sosial yang tampak saat ini telah begitu mencoreng tatanan sosial masyarakat Indonesia yang dahulu terkenal akan kelembutan dan sopan-santunnya. Oleh karena itu, penting kiranya membangun kembali sistem nilai luhur bangsa Indonesia yang telah dituangkan oleh para pendiri negeri sebagai buah pemikiran cerdas dan penuh kebijaksanaan” tambaahnya

Mulan Jameela memaparkan bahwa nilai luhur yang dimaksud tersirat dan tersurat di dalam Pancasila dan UUD 1945.
“Untuk itulah mengapa program 4 Pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika terus disosialisasikan dan dikuatkan di tengah masyarakat,” sambung Anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Reporter : Suryatik

Editor : MS

Check Also

Terus Gelorakan Empat Pilar Kebangsaan, Rahmat Muhajirin MPR RI Laksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Daerah Pemilihannya

Central Nasional, Sidoarjo – Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jawa Timur I , …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *