INTEGRASI DEMOKRASI 2024

Oleh : Aprilia

Telaah Demokrasi mengarah pada kekuasaan dari, oleh dan untuk rakyat dimana sistem pemerintahan berjalan dengan pertanggungjawaban dari pemerintah atas tindakan-tindakan mereka diwilayah publik. Demokrasi hakikatnya merupakan kebebasan dan kekuasaan di tangan rakyat sehingga terus menarik untuk dikaji dalam setiap perkembangannya.

Kondisi demokrasi Indonesia berada di atas rata-data demokrasi global meskipun relatif belum matang. Dalam dimensi hak politik, Indonesia relatif mempuni namun dinilai lemah dalam aspek kebebasan sipil dan budaya politik.

Berdasarkan indeks Demokrasi EIU (Econoomist Eintelligence Unit) tahun 2022, Indonesia bergerak stagnan pada sekor demokrasi Indonesia yang sebersar 6.71 sejak tahun 2021. Skor Indonesia ini sudah maksimal berada di atas rata-rata demokrasi global yang berada pada skor 5.29.  Secara lebih rinci, posisi Indonesia dalam Indeks Demokrasi EIU yang terbagi pada 5 point indeks demokrasi dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Proses electoral dan pluralisme

Berdasarkan Indeks Demokrasi EIU tahun 2022, Proses electoral dan pluralism sudah maksimal dengan berada di atas rata-rata global yaitu berada di point 7.9 dari 8 skor  ambang batas maksimal indeks dengan skor rata-rata yaitu 5,7.

  1. Fungsi pemerintah

Fungsi pemerintah Indonesia sesuai Indeks Demokrasi EIU tahun 2022 sudah maksimal dengan skor 7.9 dari 8 skor ambang batas maksimal indek dengan rata-rata global yaitu 4.8.

  1. Partisipasi politik

Partisipasi politik Indonesia berdasarkan Indeks Demokrasi EIU tahun 2022 berada pada skor 7.2 dari 8 besar ambang batas maksimal indeks dengan rata-rata global 5.5.

  1. Budaya politik

Budaya politik Indonesia masih miris dengan skor pencapaian tidak memenuhi rata-rata global. berdasarkan Indeks Demokrasi EIU tahun 2022, budaya politik Indonesia berada pada skor 4.3 dari 8 skor ambang batas maksimal indek dengan rata-rata global yaitu 5.3.

  1. Kebebasan sipil

Kebebasan sipil di Indonesia cukup lemah namun sudah melampaui skor rata-rata. Berdasarkan Indeks Demokrasi EIU tahun 2022, kebebasan sipil Indonesia berada pada skor 6.1 dari 8 skor ambang batas maksimal indek dengan rata-rata global yaitu 5.5.

Untuk mempermudah pemahaman, data di atas dapat di atas dapat dilihat pada diagram berikut :

Adapun kebebasan Freedom House, berdasarkan Indeks kebebasan Freedom House Indonesia berada pada skor 59 yang berada di atas rata-rata global yaitu 55.7. Rinciannya, Hak politik Indonesia dalam Indeks kebebasan Freedom House tahun 2022 berada di skor 30 melewati ambang batas demokrasi matang yaitu 25 dengan rata-rata global yaitu 22. Adapun dalam hal kebebasan sipil, Indonesia masih sangat lemah dan tidak mencapai raa-rata global. Berdasarkan Indeks kebebasan Freedom House tahun 2022 kebebasan sipil Indonesia berada di skor 28 dari 44 skor ambang batas maksimal dengan rata-rata global yaitu 34. Data tersebut dapat dilihat pada diagram berikut:

Perlu adanya pengembangan pada sektor lemah di Indonesia sehingga dapat mewujudkan demokrasi matang sesuai peta pemilu demokrasi. Peta pemilu demokrasi berada pada empat tahapan menuju demokrasi matang yaitu :

  1. Inisiasi demokrasi yaitu periode I pada tahun 1999
  2. Instalasi demokarasi yaitu periode II-III pada tahun 2004-2009
  3. Konsolidasi demokrasi yaitu periode IV, V, dan VI pada tahun 2014, 2019, 2024, dan;
  4. Demokrasi matang yaitu periode VII pada tahun 2029.

Perwujudan dan integrasi demokrasi matang sebagaiman peta pemilu demokrasi di atas tentu harus didukung dengan tren pembangunan demokrasi  dengna proyeksi Indonesia 2050. Dengan tren positif pembangunan demokrasi Indonesia sejak awal kemerdekaan meskipun dengan kondisi pasang surut harus terus dipastikan terus berjalan dengan normal.

Dalam upaya menjawab itu semua, pemilu 2024 merupakan momentum utama dalam perwujudan visi meju peta demokrasi di atas. Kerawanan dalam pemilu yang mengarah pada penyelewengan hak dan keamanan harus  diantasipasi dan diminimalisir. Proporsi pemilih muda juga harus dijawab dengan pendidikan politik bagi kaum muda sehingga kematangan demokrasi tahun 2029 dapat terwujud.

Penulis     : Aprilia

Check Also

PERAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCIPTAKAN PEMILU BERKUALITAS, JUJUR DAN ADIL

Oleh : Syafiudin Jaminan terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil agar sesuai ketentuan dan asas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *