Laksanakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Pesantren, Mulan Jameela Ajak Masyarakat Paham Pilar Bangsa dan Negara

Centralnasional.com, GARUT_ANGGOTA MPR RI dari Fraksi GERINDRA, Mulan Jameela mengadakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Al Huda, Kelurahan Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, Kab.Garut pada Rabu (17/5/2023).

“Tujuan kegiatan sosialisasi empat Pilar Negara ini adalah untuk mengingatkan kembali masyarakat agar memahami lebih dalam mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI”  Ujar Anggota MPR RI Dapil Jawa Barat XI tersebut.

Mulan Jameela berharap kegiatan sosialisasi ini dapat berdampak dalam meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Empat pilar MPR RI itu terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kemudian Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Lalu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara harus dipahami bersama untuk kemudian diamalkan dalam bentuk tindakan nyata” Ujar Mulan.

Menurutnya, Indonesia sebagai bangsa yang majemuk masih perlu penguatan dalam penghayatan dan pengamalan terhdap nilai yang terkandung dalam Pancasila apalagi mengingat munculnya pemahaman terhadap hal-hal yang keliru dan sempit, seperti pemahaman agama yang sempit dan selalu menganggap kelompoknya yang paling benar.

“Apalagi sekarang ini terkesan kurang berkembangnya penghargaan atas kemajemukan dan kebhinekaan, kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagai pemimpin dan tokoh bangsa serta tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal. Tentu ini harus kita sadari bersama bahwa tidak ada pengamalan nilai pancasila di dalamnya” tutur wanita yang juga duduk di Komisi VI DPR RI ini.

Mulan Jameela berpesan kepada masyarakat agar memperkuat ketahanan keluarga dengan kebersamaan, kesolidan dan kerukunan dengan membentengi diri dengan pemahaman akan 4 Pilar bangsa Indonesia.

“Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman baik  suku, bahasa, adat istiadat dan budaya, kita harus berbangga dan menjaga itu semua dengan tameng pemahaman 4 pilar Negara ini” pungkasnya tegas

Reporter : Saleh

Editor : MS

Check Also

Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada Tokoh Masyarakat Sidoarjo, Rahmat Muhajirin Ajak Masyarakat Rawat Demokrasi

Central Nasional, Sidoarjo – Anggota MPR RI Rahmat Muhajirin menegaskan Sosialisasi Empat Pilar MPR tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *