Ekskavasi Lanjutan, BPCB Jatim Fokus Tampakkan Bentuk Luar Candi Gedog

Ekskavasi Lanjutan, BPCB Jatim Fokus Tampakkan Bentuk Luar Candi Gedog

CentralNasional.com, BLITAR – Ekskavasi di situs Candi GedogKota Blitar, dilakukan Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) selama delapan hari, mulai Selasa (19/7/2022) sampai Selasa (26/7/2022).

Arkeolog BPCB JatimNugroho Harjo Lukito mengatakan, dalam ekskavasi kali ini, tim berusaha menampakkan denah atau bentuk luar bangunan candi.

Tim BPCB Jatim akan memperluas penggalian ke arah barat dan utara dari titik awal penemuan struktur bata pada ekskavasi sebelumnya.

“Kali ini, kami fokus menampakkan denah atau bentuk terluar bangunan candi. Apakah itu berbentuk persegi empat polos atau persegi empat dengan penampil,” kata Nugroho Harjo Lukito di lokasi, Selasa (19/7/2022).

Dia menjelaskan bangunan candi dengan penampil, yaitu, pada bangunan candi terdapat bagian bangunan yang menonjol ke luar.

“Kalau polos, bentuknya hanya persegi, tidak ada bagian bangunan lainnya yang menonjol ke luar,” ujarnya.

Dengan terbukanya denah atau bentuk, Tim BPCB Jatim berharap bisa melihat arah masuk bangunan candi.

Jika arah masuk bangunan candi sudah diketahui, maka tim bisa menemukan arah hadap bangunan candi.

“Apakah arah hadap candi ke utara atau ke timur bisa diketahui kalau sudah ditemukan arah masuk bangunan candi,” katanya.

Menurutnya, tim BPCB Jatim akan menggunakan alat berat untuk mempercepat proses penggalian di lokasi.

“Kami menggunakan ekskavator mini untuk mengurangi formasi tanah di lapisan atas. Karena lapisan atas bukan lapisan budaya,” ujarnya.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota BlitarSumaryono mengatakan, anggaran ekskavasi kali ini sekitar Rp 46 juta.

Ia berharap pelaksanaan ekskavasi bisa maksimal dan segera menemukan bentuk candi.

“Kalau sudah kelihatan bentuk bangunan akan menjadi daya tarik tersendiri. Ini menjadi sejarah perjalanan peradaban manusia di Kota Blitar. Selain itu, juga akan menjadi multi efek secara ekonomi dan edukasi,” katanya.

Sumber : TribunJatim.com Baca juga l BPCB Jatim Fokus Menampakkan Bentuk Luar Candi Gedog Kota Blitar dalam Ekskavasi Lanjut

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan