Nglarak Blarak, Kreasi Permainan Tradisional Baru Khas Kulon Progo

Nglarak Blarak, Kreasi Permainan Tradisional Baru Khas Kulon Progo

CentralNasional.com, Yogyakarta – Nglarak Blarak merupakan sebuah permainan tradisional khas Bumi Menoreh. Permainan ini merupakan gabungan antara olahraga, seni, dan hiburan.

Dalam kegiatan bertajuk Festival Nglarak Blarak 2022, permainan ini dimainkan. Sebanyak 12 kontingen karangtaruna perwakilan seluruh kapanewon di kabupaten Kulon Progo adu kecepatan dan ketangkasan dalam festival tersebut.

Permainan tradisional ini membutuhkan 12 pemain yang dibagi menjadi dua tim untuk ditandingkan. Masing-masing tim tersebut diisi tiga perempuan dan tiga laki-laki.

Selain itu, permainan ini juga memerlukan satu orang wasit, satu orang asisten wasit, dan satu orang yang bertugas mencatat nilai. Permainan semakin seru dengan adanya tambahan para pemain musik.

Tak hanya itu, peserta pun mengenakan kostum yang unik. Pemain nglarak blarak dituntut untuk kuat, tangkas, dan cepat.

Para peserta juga harus cermat karena jika salah sedikit bisa menimbulkan pelanggaran dan mendapat hukuman. Salah satu pemain bertindak sebagai joki atau penunggang blarak.

Tugas joki adalah mengatur keseimbangan agar tidak jatuh. Sementara itu, perlengkapan yang wajib ada dalam permainan ini, antara lain pelepah daun kelapa (blarak), alat penderes nira (bumbung), keranjang kelapa, serta musik gamelan pengiring.

Sumber : Liputan 6

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan