Grebeg Suro Ponorogo 2022 Lanjut Festival Santri

Grebeg Suro Ponorogo 2022 Lanjut Festival Santri

CentralNasional.com, PONOROGO – Rangkaian Grebeg Suro Ponorogo 2022 terus berlanjut. Usai menggelar Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XVII dan Festival Reog Mini kini Pemkab Ponorogo menggelar Festival Santri.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menghadiri langsung hari pertama Festival Santri yang dilaksanakan di Alun-alun Ponorogo, Senin (1/8/2022).

Lalu pada hari kedua pada Selasa (2/8/2022) akan menyelenggarakan festival 526 penabuh rebana atau banjari dari pondok pesantren se Ponorogo.

Selain itu akan ada pentas Ketoprak Santri Batoro Katong Winisudha pada Rabu (3/8/2022), dan Seni Teater Santri pada Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Kisah Pelaku UMKM Dapat Berkah Grebeg Suro Ponorogo Tahun 2022, Orderan Naik Hampir 10 Kali Lipat

Terakhir Festival Santri yang juga untuk memeriahkan momentum tahun baru Islam 1444 H ini akan menghadirkan Cak Sodiq dan Eny Sagita dalam Gebyar Musik Religi, pada Jumat (5/8/2022).

Yang tak kalah penting, selama gelaran Festival Santri sejumlah produk UMKM utamanya dari para santri dipajang di Arena Grebeg Suro Ponorogo.

Ditemui usai acara, Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko mengatakan gelaran Grebeg Suro merupakan cerminan dari Ponorogo yang lahir dari rahim budaya dan santri.

Setelah dipuaskan dengan pertunjukan reog di FNRP XXVII dan Festival Reog Mini, kali ini masyarakat Bumi Reog akan mendapatkan suguhan berbeda dari Festival Santri.

“Ini memberikan pesan konkret bahwa membangun budaya dan santri adalah satu kesatuan karena kekuatan Ponorogo ada di dua hal itu,” kata Kang Giri, Senin (1/8/2022) malam.

Baca juga: Launching Logo Grebeg Suro Ponorogo Tahun 2022, Bupati Kang Giri Jelaskan Filosofinya

Maka dari itu, sebisa mungkin Kang Giri mengkolaborasikan unsur budaya dan santri dalam satu even grebeg suro yang sudah dinantikan masyarakat setelah dua tahun absen lantaran serangan Pandemi Covid-19.

“Ada beberapa kegiatan, mulai dari ekonomi santri, pertunjukan musik, teatrikal, hadrah, dan lainnya. Tapi saya ingin nanti akan ada paduan pertunjukan tarian bujang ganong saya mix (kolaborasi) dengan tarian sufi,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kang Giri mengajak masyarakat Ponorogo terutama para santri untuk mengilhami hijrah Rasulullah Saw dari Mekkah ke Madinah yang juga dilakukan pada tahun baru Islam.

Ia ingin semangat hijrah Rasulullah diimplementasikan di Ponorogo, bukan hanya hijrah secara fisik melalui pembangunan tapi juga hijrah pola pikir, mindset, dan etos kerja.

“Maka kami padukan dengan tema bergandengan erat bergerak cepat menuju Ponorogo hebat dengan kolaborasi yang elok kota budaya dan santri yang ingin kami gunakan sebagai roda pembangunan ke depan,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Grebeg Suro Ponorogo 2022 Lanjut Festival Santri, Kang Giri: Kolaborasi Kota Budaya dan Kota Santri.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan