Usai Bertemu Xi Jinping, Jokowi Lanjut Kunker ke Jepang

Usai Bertemu Xi Jinping, Jokowi Lanjut Kunker ke Jepang

CetralNasional.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya di Asia Timur. Usai bertemu Presiden Xi Jinping di China, Jokowi terbang ke Tokyo, Jepang.
Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/7/2022), Jokowi terbang ke Tokyo dengan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1). Jokowi tampak didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi.

“Malam ini Bapak Presiden bersama dengan delegasi terbatas akan terbang menuju Tokyo, Jepang,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.
Besok pagi, Jokowi rencananya akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Jokowi juga akan diterima oleh Kaisar Jepang, Naruhito.

Baca juga:
Jokowi: Indonesia dan China Saudara Senasib Sepenanggungan

Seperti diketahui, Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di bilateral di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/7) sore. Di awal pertemuan Xi Jinping menyampaikan lebih dulu kegembiraannya bisa kembali bertemu langsung dengan Jokowi.

“Pertama-tama izinkan saya ucapkan selamat datang ke Tiongkok kepada bapak presiden. Saya merasa sangat gembira kembali bertemu bapak secara langsung,” kata Xi Jinping, seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden.

Xi Jinping juga menerangkan Jokowi merupakan kepala negara pertama yang diterima oleh China usai Olimpiade musim dingin Beijing. Xi Jinping menilai hal itu bukti kemesraan antara Indonesia dan China.

“Yang mulia adalah kepala negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade musim dingin Beijing dan hal ini cukup membuktikan betapa kemesraannya antara hubungan kedua pihak,” ucapnya.

Jokowi kemudian berterima kasih atas sambutan hangat yang diterimanya. Jokowi menyampaikan Indonesia dan China saudara senasib sepenanggungan.

“Indonesia dan RRT adalah saudara senasib sepenanggungan dan RRT adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” ujar Jokowi.

Sumber : detiknews, “Usai Bertemu Xi Jinping, Jokowi Lanjut Kunker ke Jepang”.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan