Mengenal Operasi Bariatrik yang Dijalani Melly Goeslaw Demi Turunkan Berat Badan

Mengenal Operasi Bariatrik yang Dijalani Melly Goeslaw Demi Turunkan Berat Badan

Centralnasional.com, Jakarta Penyanyi dan pencipta lagu, Melly Goeslaw belum lama ini telah menjalani operasi bariatrik untuk menurunkan berat badannya. Tindakan operasi ini diambil setelah ia kehilangan berat badan 25 kilogram lebih namun ternyata masih juga tergolong obesitas dan bahkan gula darahnya tergolong tinggi. Atas saran dokter, Melly kemudian memutuskan untuk operasi bariatrik demi mendapatkan berat badan ideal dan sehat

Masalah obesitas atau kelebihan berat badan memang tidak boleh dianggap sepele. Bukan hanya kualitas hidup yang menurun, melainkan juga meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, asam lambung, perlemakan hati, gangguan kesuburan hingga diabetes.

Bagi mereka yang sudah berkutat dengan obesitas, masalah kelebihan berat badan ini tidak hanya dapat ditangani dengan mengurangi asupan makanan dan lebih banyak beraktivitas fisik, tapi memerlukan tindakan medis. dr. Handy Wing, Sp.B-KBD, FBMS, FINACS, FICS dari RS EMC Alam Sutera menjelaskan operasi bariatrik atau Bariatric Surgery adalah suatu tindakan medis untuk mengatasi permasalahan obesitas yang sudah menyebabkan komplikasi dan gangguan kesehatan.

“Tujuan dari operasi bariatrik ini adalah untuk mengatasi obesitas dengan cara mengurangi asupan makanan melalui teknik mengubah anatomi dari lambung. Metode operasi batriatrik diantaranya sleeve gastrectomy dan gastric bypass,” ujar dr. Handy Wing kepada Liputan6.com

Pada metode sleeve gastrectomy, bagian lambung akan dibuang sekiranya 75 persen dan menyisakan 25 persen.

“Yang tadinya bisa menampung 1-2 piring porsi makan, setelah menjalani operasi hanya bisa menampung kurang lebih sekitar 5 sendok makan. Dengan asupan makan yang berkurang diharapkan berat badan bisa turun,” jelasnya.

Sementara pada metode gastric bypass, bagian lambung akan disisakan hanya 10 persen dan terpisah dari lambung besar. Dari lambung yang 10 persen itu akan bypass langsung ke usus halus yang sebelumnya juga dipotong lebih pendek.

“Sehingga penyerapan makanan tidak lagi melewati lambung yang besar dan usus halus yang panjang. Jadi seperti dibuat jalan tol,” kata dr. Handy.

Sumber : Liputan 6

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan