Kapolda Jatim Diduga Terseret Kasus K-303, Ini Tanggapan Sekum Badko HMI Jatim

Kapolda Jatim Diduga Terseret Kasus K-303, Ini Tanggapan Sekum Badko HMI Jatim

Central Nasional, Surabaya – Kasus pembunuhan Brigadir J beberapa waktu lalu kini memasuki babak baru setelah Irjen Ferdy Sambo dan Istrinya ditetapkan sebagai tersangka. Meski demikian POLRI telah menyatakan bahwa motif pembunuhan tak akan diumumkan kepada publik dengan alasan “untuk menjaga perasaan kedua belah pihak”.

Hal ini kemudian menimbulkan banyak spekulasi yang bermunculan di tengah-tengah masyarakat, salah satunya adalah terkait bisnis konsorsium 303 yang diduga sebagai salah satu rahasia yang selama ini dijalankan oleh Sambo bersama dengan komplotannya. Hal ini tentu bukan tanpa dasar, pasalnya beberapa waktu lalu informasi tentang bisnis konsorsium 303 ini beredar luas di media sosial.

Informasi tersebut tak hanya membeberkan Sambo sebagai kaisar dari bisnis konsorsium 303 namun juga membeberkan tentang siapa dan bagaimana aliran dana dari bisnis itu tersalurkan dalam tubuh anggota POLRI. Salah satu nama yang turut terseret dalam Informasi tersebut adalah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Irjen Nico Afinta.

Merespon hal ini, Yusfan Firdaus (Sekretaris Umum Badko HMI Jawa Timur) menyampaikan bahwa perlu ada klarifikasi yang harus disampaikan kepada publik demi menjaga kepercayaan masyarakat terhadap POLRI serta menjaga Marwah POLRI sebagai institusi penjaga keamanan dan ketertiban, khususnya di POLDA Jawa Timur.

“Kasus Konsorsium 303 yang telah beredar informasinya dan diduga menyeret Bapak Kapolda Jatim ini perlu direspon, demi menjaga kondusifitas dan kepercayaan masyarakat Jawa Timur serta Marwah Kepolisian, KAPOLDA perlu kiranya memberikan klarifikasi terhadap publik” Pungkasnya.

Masih menurut aktivis HMI Jawa Timur yang juga Mahasiswa Pascasarjana UINSA Surabaya, dia juga menyampaikan rasa hormat setinggi-tingginya apabila KAPOLDA Jawa Timur dapat memberikan Klarifikasi terhadap publik dan mendoakan Kapolda Jatim tidak terlibat pada kasus konsorsium 303.

“Secara pribadi, saya sampaikan rasa hormat yang sangat tinggi terhadap Kapolda Jawa Timur apabila dapat menjawab keresahan masyarakat terhadap informasi kasus konsorsium 303 yang diduga menyeret beliau, namun terlepas dari itu semua semoga Bapak Nico Afinta tidak terlibat dalam kasus Konsorsium 303 dan diberikan kekuatan untuk tetap menjalankan program-program Polda Jawa Timur” Ujarnya.

Selain nama KAPOLDA Jawa Timur, terdapat beberapa nama lain yang turut terseret yakni KAPOLDA Sumatera Utara, IRJEN POL. Panca Putra Simanjuntak dan KAPOLDA Metro Jaya, IRJEN POL Fadil Imran yang sebelumnya juga menjabat sebagai KAPOLDA Jawa Timur. Masyarakat juga perlu bersabar dan tidak berasumsi apapun hingga POLRI mengumumkan secara resmi isu kasus tersebut.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan