Jejak Korupsi di Lapangan Hijau, Sudah Ada 112 Tahun Lalu

Jejak Korupsi di Lapangan Hijau, Sudah Ada 112 Tahun Lalu

CentralNasional.com, Jakarta – Korupsi hadir di berbagai aspek, termasuk sepak bola. Jejak kecurangan demi kepentingan segelintir sudah ditemukan lebih dari satu abad lalu.

Guardian mencatat skandal tersebut terjadi 122 tahun silam pada 1900. Jack Hillman berusaha mengambil inisiatif demi membantu Burnley yang diperkuatnya.

The Clarest saat itu harus mengalahkan Nottingham Forest untuk menghindari degradasi. Hillman lalu menawarkan pemain Forest dua poundsterling, atau 273 poundsterling berdasar inflasi penghitungan Retail Price Index, agar bermain tidak serius.

Pinangan tersebut ternyata tidak menggoyahkan penggawa Forest. Mereka memimpin 2-0 pada babak pertama. Hillman makin frustasi. Dia menaikkan tawaran menjadi lima poundsterling (atau 683 poundsterling berdasar inflasi) saat jeda.

Kembali godaan tersebut tidak digubris. Forest akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0.

Selepas pertandingan, manajemen Forest melaporkan pendekatan Hillman kepada otoritas sepak bola (FA). Dalam pembelaannya, dia mengaku hanya bercanda dan tidak serius menawarkan uang kepada Forest.

Namun, FA tidak pandang bulu. Mereka menjatuhkan hukuman larangan bermain setahun kepada Hillman. Burnley pun terdegradasi.

Sumber : Liputan 6

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan