Respon Persoalan Dalam Negeri, BADKO HMI Jawa Timur Gelar Sekolah Energi

Respon Persoalan Dalam Negeri, BADKO HMI Jawa Timur Gelar Sekolah Energi

CentralNasional.com, Surabaya – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Jawa Timur menggelar acara Sekolah Energi pada kamis 14 Juli 2022 bertempat di Gedung Graha Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Acara yang mengangkat  tema “Energy Of HMI SPY Level UP” dihadiri lebih dari seratus orang yang terdiri dari perwakilan HMI Cabang seluruh Jawa Timur dan perwakilan beberapa kampus di Surabaya.

Dalam acara tersebut turut hadir diantaranya Kepala Dinas ESDM Jawa Timur Nur Kholis, Mirza Muttaqin selaku Direktur Utama PT. Jatim Graha Utama dan Arya Yusa Dwicandra Section Head Communication Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.Kagitan ini secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Nur Kholis.

Dalam Sambutanya, Nur Kholis mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh BADKO HMI Jawa Timur ini. Bahkan dirinya mengungkapkan kegiatan sekolah energi ini merupakan kegiatan luar biasa yang harus ditindaklanjuti secara berkala.
“Ide dan kegiatan yg digagas oleh Pengurus BADKO HMI Jawa Timur sangat luar biasa, tetapi berbicara Energi itu tidak cukup 1 hari”, Ungkapnya.
Lebih lanjut, ia mengatakan bersedia untuk berdiskusi perihal energi yang berada di Jawa Timur dengan kader-kader HMI.
“Kedepan Dinas ESDM Jawa Timur sangat terbuka untuk Kader HMI se Jawa Timur dalam mendiskusikan tentang Energi khususnya Energi Baru Terbarukan.”

Dalam kesempatan yang sama Mirza Muttaqin (Direktur Utama PT. JGU) selaku pembicara studium general pada Sekolah Energi BADKO HMI Jawa Timur menegaskan bahwa edukasi  tentang pengetahuan dasar energi sangatlah penting untuk disampaikan ke pemuda sejak dini.
Dirinya juga menekankan pentingnya ketahanan pangan yang juga menjadi variabel lain dan harus diperhatikan demi menjaga kedaulatan pangan nasional.

Menurutnya, ketika dua aspek tersebut bertemu dalam satu ruang. Maka akan membentuk dan menciptakan karakter pemuda yang gagah dan berintegritas demi menyiapkan generasi emas di 2045.

Disisi lain, Ketua Umum BADKO HMI Jawa Timur periode 2021-2023, Achmad Surya Hadi Kusuma dalam sambutanya menekankan agar kader HMI jawa Timur khususnya dan Pemuda umumnya juga menyoroti isu terhadap energi. Menurutnya energi merupakan kekuatan Negara yang sangat penting terlebih dimasa sekarang, beberapa Negara tengah dilanda krisis karena adanya persaingan energi.

“Energi merupakan salah satu kekuatan suatu negara, maka sangat penting bagi kita untuk mempunyai kesadaran dalam mengetahui persoalan energi terlebih negara kita sekarang yang mengalami banyak tragedi dan isu-isu terkait Energi. Contohnya seperti Perang Ukraina & Rusia, salah satu faktornya adalah memperebutkan energi, kemudian SriLangka mengalami kebangkrutan juga disebabkan karena Energinya mulai habis”

Lebih lanjut saat diwawancarai, Surya Ketua Umum Badko HMI jawa Timur ini berharap agar Sekolah Energi ini menjadi wadah untuk menemukan solusi secara bersama-sama dalam menghadapai permasalahan energi di Indonesia dan Jawa Timur Khususnya

“BADKO HMI Jawa Timur mengadakan agenda kegiatan ini untuk mencari solusi dan mengajak seluruh elemen bersama-sama dalam memikirkan seluruh sesuatu yang berkaitan dengan Energi”, Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang ESDM dan Kemitraan BUMD BADKO HMI Jawa Timur Rozi Fardiansyah, mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk keberlangsungan Negara.
“Kegiatan ini tentunya merupakan sebuah gagasan yang baru dan insyaAllah menjadi wadah yang luar biasa untuk kita dalam berproses, mengetahui dan menambah wawasan tentang Energi. Selain itu, ini akan menjadi penting sebab kebermanfaatannya sangat menentukan nasib masa depan negara dan anak cucu kita.

Oleh sebab itu, BADKO HMI Jawa Timur merupakan simbol bagi Mahasiswa, Pemuda, Santri dan Anak Yatim untuk menuju ke level yang lebih tinggi”, Ungkapnya.

Untuk diketahui, Acara Sekolah energi yang bertajuk Energy of HMI dilangsungkan dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB dengan beberapa seminar yang menghadirkan pembicara diantaranya,  Dr. Ir.Arman Hakim Nasution selaku Ketua Kajian Kebijakan Publik, Bisnis dan Industri Kampus ITS, Sri Hartatik Anggota Komis D DPRD Provinsi Jawa Timur, dan Komaidi Notonegoro Direktur eksekutif ReforMiner Institute serta Arya Yusa Dwicandra Section Head Communication Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.

reporter : Wildan

Editor : M. Saleh

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan