Ini Dia Kualitas Diri Paling Dicari Saat Memimpin Perusahaan

Ini Dia Kualitas Diri Paling Dicari Saat Memimpin Perusahaan

Centralnasional.com, Jakarta Pandemi telah banyak mengubah dunia. Keadaan saat ini mengharuskan tiap perusahaan perlu meningkatkan kemampuan diri dalam menyesuaikan kondisi yang ada.

Salah satunya butuh seorang pemimpin yang punya kualitas diri sehingga mampu membawa bisnis mencapai kesuksesan.

Menurut salah satu direktur penelitian di perusahan konsultan Gartner Caitlin Duffy, meningkatnya kecemasan dan stres – baik ketika di rumah maupun di tempat kerja – sejak awal pandemi Covid-19 membuat karyawan membutuhkan lebih banyak empati dan fleksibilitas dari atasan.

“Pandemi telah membuat kehidupan pribadi dan profesional menyatu,” kata Duffy seperti dilansir CNBC, Jumat (23/9/2022).

Sebelumnya, Gartner telah melakukan penelitian ekstensif tentang apa saja yang diharapan para karyawan dari para manajernya.

Setelah meninjau artikel akademis, mensurvei ribuan pekerja, dan melakukan wawancara, Gartner menemukan bahwa kepemimpinan mempengaruhi perusahaan.

“Itu berarti karyawan butuh bos yang mampu memimpin dengan menunjukkan rasa empati. Para bos perlu sikap tersebut demi memenuhi kebutuhan karyawan dan memungkinkan ekspresi diri untuk menciptakan tempat kerja yang lebih bahagia dan produktif,” kata Duffy.

Namun sayangnya, tipe bos seperti itu mungkin jarang ditemukan di beberapa perusahaan. Hanya lebih dari 1 dari 4 karyawan atau sekitar 29 persen mengatakan bahwa supervisor mereka efektif dalam kepemimpinan manusia, menurut survei Gartner tahun 2022.

Hal yang jadi masalah, kata Duffy, adalah dampak emosional pandemi telah menciptakan “perubahan permanen dalam angkatan kerja” yang membutuhkan empati dan fleksibilitas kepemimpinan manusia.

“Karyawan sekarang mengharapkan para pemimpin di tempat kerja untuk mengatasi semua kebutuhan pribadi mereka yang telah menjadi lebih kompleks dan sensitif selama beberapa tahun terakhir,” tambahnya.

Sementara itu, sebenarnya bukan hanya pekerja yang diuntungkan, tapi perusahaan pun. Menurut Gartner, tempat kerja yang memiliki supervisor mampu menunjukkan kepemimpinan manusia cenderung memiliki karyawan yang jauh lebih terlibat dengan pekerjaan mereka sehingga membuat kinerja keseluruhan lebih baik.

Sumber : Liputan 6

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan